Jembatan Alternatif Benenai Terancam Rubuh, Yang Permanen Belum Tampak

oleh -226 views

Malaka, Sakunar — Jembatan alternatif di Kali Benenai, Desa Haitimuk, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur terancam rubuh. Hal itu merupakan dampak dari banjir kiriman dari daerah hulu sejak Sabtu malam (14/11/2021).

Pantauan, Minggu (14/11/2021), tercatat 3 ruas bronjong penyanggah badan jembatan alternatif tersebut ambruk. Sementara, 3 ruas bronjong tersisa di bagian Timur retak besar dan terancam ambruk.

Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran dalam diri masyarakat. Masyarakat cemas, jangan-jangan kondisi bulan April lalu terulang kembali, dimana Kali Benenai tidak bisa diseberangi dan aktivitas masyarakat lumpuh.

Baca Juga:  Belum Sebulan Digunakan, Jembatan Alternatif Benenai Miring Besar Dan Terancam Tak Bisa Dilewati

Kekhawatiran masyarakat Malaka di 5 kecamatan, yakni Malaka Barat, Weliman, Wewiku, Rinhat dan sebagian Malaka Tengah bukannya tanpa alasan. Curah hujan yang cukup tinggi sejak awal November ini menjadi sebab kekhawatiran masyarakat. Sementara, pengerjaan jembatan permanen pengganti jembatan ambruk belum memperlihatkan kemajuan apa-apa. Belum tampak satu tiang pun tertanam. Sedangkan jalan alternatif yang ada nyaris tak bisa digunakan.

Baca Juga:  Jalan Raya Haitimuk Menuju Besikama Tertutup Lumpur Tebal Pasca Banjir Minggu Paskah Malaka

Informasi di lapangan, otoritas PT. Wika, dalam diskusi dengan aparat kepolisian mengatakan, jembatan alternatif bisa dilewati kendaraan kosongan, baik roda Dua maupun roda Empat.

Dan salah satu hal yang mengundang tanya masyarakat, bahwa Aparat Kepolisian Resor (Polres) Malaka aktif turun ke lokasi. Sementara, dari pihak pemerintah, hingga Pukul 10:00 Wita belum tampak.*(JoGer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.